Kamis, 09 Juni 2011

Lima Tips Membaca Novel

Banyak orang senang membaca novel. Selain menghibur juga bisa mengembangkan imajinasi pembacanya. Setiap orang memiliki kebiasaan sendiri ketika membaca novel. Karena aktivitas membaca berbeda dengan menonton televisi, saya memiliki sejumlah tips untuk membaca novel. Tentu saja tips ini tidak berlaku untuk semua orang. Berikut langkah-langkah yang sering saya gunakan:

Pertama, mengalir. Ketika baca novel: nikmati saja. Jangan berpikir dengan gagasan yang anda peroleh dari resensi buku atau pendapat orang lain. Nikmati saja. Tahap pertama membaca novel ialah menikmatinya, bukan membuat analisa.

Kedua, Ingat tokoh. Ingat tokoh-tokoh yang sering muncul dalam novel. Sangat tidak menyenangkan apabila tokoh-tokoh dalam fiksi tertukar karakternya. Begitu juga dengan lokasi.

Tiga, sebaiknya dibaca berurutan dari bab pertama hingga bab terakhir. Jangan meloncat-loncat. Hal ini akan mengganggu alur cerita. Novel biasanya disusun untuk dibaca secara berurutan.

Empat, perhatikan setiap adegan dan apa maksudnya. Novel yang baik akan membuat pembacanya tertarik terus untuk menyelesaikan novel bacaannya. Oleh karena itu sering novelis membangun adegan yang menarik dan membuat penasaran, Novel karya John Grisham dan JK Rowling sangat menarik sejak halaman pertama hingga halaman terakhir.

Lima, saat membaca cari waktu dan tempat yang menyenangkan. Saat membaca novel sebaiknya pada waktu dan tempat yang sepi. Tak menarik membaca buku di tengah keramaian atau di hadapan televisi, karena pasti akan mengganggu konsentrasi.

Demikian tips dari saya, silakan menambahkan tips lainnya. Setiap orang memiliki kebiasaan masing-masing ketika membaca novel.
sumber : http://id.yepp-yepp.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar