Rabu, 06 Juli 2011

Makan malam menyebabkan gemuk

Banyak orang yang sedang diet dianjurkan untuk tidak makan diatas pukul tujuh malam karena diyakini dapat membuat tubuh menjadi gemuk.
Salah satu hal yang harus diperhatikan agar tubuh tidak menjadi gemuk adalah dengan cara mengatur keseimbangan antara energi yang masuk dan yang keluar. Jika energi yang masuk lebih besar daripada yang dikeluarkan makan secara otomatis berat badan akan meningkat.
Hingga saat ini belum ada dasar ilmu yang membuktikan makan diatas pukul tujuh malam dapat membuat tubuh gemuk, selama keseimbangan energi tersebut dipertahankan. Tapi umumnya ada beberapa perubahan perilaku dan biologis yang terjadi sehingga mengubah keseimbangan energi yang dimiliki seseorang. Salah satunya adalah pada malam hari seseorang cenderung memiliki aktivitas fisik lebih sedikit dibanding siang hari, sehingga membuat energi yang keluar menjadi sedikit.
Jika mengkonsumsi makanan dari mikronutrient yang memiliki nilai kalori tinggi, makan kelebihan kalori ini akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Umumnya energi yang berasal dari karbohidrat dan protein sebesar 4 kalori per gram sedangkan lemak sebesar 9 kalori per gram.
Jika ingin makan pada malam hari sebaiknya berilah waktu minimal 2 hingga 3 jam sebelum tidur, serta jangan mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori lebih besar daripada kalori yang dikeluarkan. Pada malam hari kalori yang dibakar cenderung lebih sedikit, jadi makanan yang dikonsumsi tidak sebanyak pada saat makan siang.
Tidak bisa dijadikan patokan pukul tujuh malam menjadi batas terakhir orang boleh makan, karena hal ini turut dipengaruhi oleh jam berapa orang tersebut akan tidur serta kecepatan metabolisme yang dimilikinya.
Pengeluaran energi sehari-hari berasal dari tingkat metabolisme yang dimiliki oleh orang tersebut meskipun sedang istirahat ( dipengaruhi oleh usia, berat badan, dan jenis kelamin ), jumlah energi yang dibutuhkan untuk mencerna dan menyerap makanan serta kegiatan fisik yang dilakukan.
Secara umum semakin malam tingkat metabolisme tubuh dalam mencerna makanan akan makin lambat. Sehingga jika mengkonsumsi makanan sebelum tidur, makan secara otomatis makanan tersebut belum sepenuhnya dicerna dengan baik yang membuatnya cenderung diubah menjadi lemak.
sumber : alasehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar