Rabu, 06 Juli 2011

Tips mengatasi depresi

Gagal dalam ujian, putus cinta, atau ditinggal pergi oleh orang dekat bisa membuat orang merasa sangat terpukul dan depresi. Dalam keadaaan tertentu, depresi dapat menjadi fatal. Sebagian orang pasti pernah merasakan depresi. Bila dibiarkan, depresi bisa menyebabkan hal yang fatal, seperti menghancurkan harga diri, merusak kesehatan jiwa dan mental, serta dapat mengganggu kesejahteraan hidup. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi depresi
1. Cukup cahaya
Kurangnya paparan sinar matahari akan memicu keluarnya hormon melatonin lebih banyak. Hormon ini dapat memicu perasaan putus asa dan depresi. Hormon melatonin keluar jika seseorang berada di dalam ruangan yang gelap. Kebanyakan melatonin dapat menurunkan suhu tubuh dan membuat orang lemas.
2. Sibukkan diri
Dengan menyibukkan diri, seseorang akan terinspirasi untuk berbuat lebih baik. Cobalah untuk melakukan kegiatan yang anda sukai seperti berjalan santai di taman, berolahraga, membaca buku, atau terlibat dalam kegiatan apapun yang dapat membangkitkan gairah dan membuat hati senang.
3. Istirahat dan relaksasi
Mendengarkan musik yang menenangkan, berendam dalam air hangat atau melakukan pijat untuk mengurangi depresi dengan efektif.
4. Makan sehat
Hindari makanan yang banyak mengandung gula, kafein, dan alkohol. Gula dan kafein dapat memberikan energi instan, tapi nantinya akan memberikan kecemasan, ketegangan, dan masalah internal. Sedangkan alkohol adalah depresan. Banyak orang akan minum alkohol untuk melupakan masalahnya. Tapi itu justru hanya memperburuk keadaan.
5. Sosialisasi
Keluarga, sahabat, teman, bahkan tetangga adalah orang-orang yang dapat memberikan dukungan moral kepada anda. Menghabiskan waktu dan terlibat dalam kegiatan yang bermanfaat bersama orang-orang terdekat dapat memberikan perasaan yang memuaskan.
sumber : alasehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar